• Ayam KUB
  • Cocovine
  • DEHAF Obat Demam Berdarah
  • Feromon Exi
  • Garcia

Organem: Pestisida Organik dari ekstrak biji mimba.

Diposting oleh : superadmin
19 Desember 2016
Kategori : Info_Teknologi - Dibaca : 252 kali

OrgaNeem merupakan pestisida nabati hasil ekstrak biji mimba (Azadirachta indica A. Juss). Tanaman mimba banyak dijumpai di sepanjang pantai utara Jawa. Umumnya, pohon ini tumbuh liar dengan biji yang dapat diolah sebagai pestisida. Berbagai referensi melaporkan bahwa biji mimba mengandung senyawa aktif pestisida seperti azadirakhtin, salanin, nimbin, dan meliantriol yang diketahui efektif dalam pengendalian hama tanaman. Teknologi ini merupakan salah satu teknologi alternative yang di tawarkan oleh Balitbangtan teknologi yang relative murah, efektif membunuh hama, dan ramah lingkungan.

OrgaNeem mudah larut dalam air dan mempunyai ketahanan simpan hingga 24 bulan. Keunggulan pestisida ini adalah efektif membunuh serangga resisten terhadap insektisida kimia, sulit menimbulkan resistensi, merusak perkembangan telur, larva dan pupa, menghambat pergantian kulit, menggangu komunikasi serangga, menghambat reproduksi serangga betina, dan bersifat mengusir serangga. OrgaNeem adalah pestisida organik yang ramah lingkungan, sehingga sesuai digunakan untuk pertanian organik, sehingga menghasilkan produk pertanian yang bebas residu pestisida.

Kehadiran biopestisida membuka peluang bagi industri biopestisida untuk tanaman kedelai, sayuran, tembakau, jeruk, dan kapas.



  (0251) 8382563

bpatp@litbang.pertanian.go.id

Alamat

Jl. Salak No. 22 Kode Pos 16151 Bogor, Jawa Barat - Indonesia

Faks: (0251) 8382567

Jam Kerja

Senin - Jumat : 08:00 s/d 16:00

Server process time: 0.0719 secs.
Hak Cipta © 2017 BPATP. Semua Hak Dilindungi.